Strategi Memilih Properti yang Menguntungkan untuk Dibeli

Spread the love

Selain untuk digunakan, membeli properti juga bisa menjadi investasi. Namun untuk bisa menguntungkan tentunya perlu strategi dalam memilih properti. Tidak bisa asal membeli walaupun properti tergolong jenis investasi yang aman karena nilainya yang selalu naik.

Strategi Memilih Properti yang Perlu Diketahui

Jangan terburu-buru membeli properti karena seperti investasi lain, properti juga memiliki risiko jika keliru dalam membelinya. Berikut strategi memilih properti yang menguntungkan.

  1. Pilih properti dari developer terbaik

Sebelum membeli properti, sebaiknya ketahui dulu latar belakang dari developer atau pengembangnya. Pilih properti dari developer terbaik dengan kredibilitas yang meyakinkan. Jangan asal memilih properti hanya karena nama pengembangnya yang terkenal.

Pelajari rekam jejaknya terlebih dahulu dan pastikan sudah memiliki pengalaman minimal 5 tahun di dunia properti. Biasanya untuk informasi mengenai developer properti yang profesional dapat diperoleh melalui situs resminya.

Pengembang yang baik tentu memiliki pengalaman dalam menghadirkan proyek properti berkualitas. Developer yang baik biasanya ditunjang dengan SDM yang kompeten sehingga kemungkinan terjadinya kesalahan dalam proyek sangat kecil.

Jika developer pernah mengalami keterlambatan dalam sebuah proyeknya, Anda bisa mempertimbangkan ulang untuk membeli properti darinya. Perhatikan ulasan dari klien mengenai developer, misalnya perjanjian serah terima dilakukan secara tepat atau tidak. Jika diberikan sesuai dengan perjanjian, maka developer tersebut memiliki kredibilitas yang dapat dipercaya.

  1. Pilih properti dengan fasilitas lengkap

Walaupun lebih mahal, namun properti dengan fasilitas yang lengkap lebih banyak diburu dibandingkan dengan properti yang murah tetapi minim fasilitas. Properti dengan fasilitas yang lengkap lebih laris dibeli oleh konsumen.

Hal inilah yang menjadikan fasilitas properti sangat penting dan perlu diperhatikan sebelum membelinya. Nilai dari properti yang didukung dengan fasilitas lengkap lebih tinggi dibandingkan dengan properti yang fasilitasnya terbatas.

Properti dengan fasilitas lengkap harganya lebih mahal karena properti ini yang paling laris di pasaran. Konsumen tentunya menginginkan properti yang memiliki fasilitas lengkap sehingga dapat memudahkan aktivitas sehari-harinya. Selain itu, disediakannya fasilitas yang lengkap juga memberikan peluang untuk pemilik properti menembangkan bisnis lain di dalamnya.

Sekarang ini bahkan beberapa pengembang properti seperti perumahan atau apartemen memadukan kompleks hunian dengan berbagai fasilitas umum dan komersial dalam satu lokasi. Proyek ini biasanya dibangun dengan properti utama untuk hunian masyarakat yang didukung dengan fasilitas tempat layanan kesehatan, sarana olahraga, pusat pendidikan, dan lain sebagainya.

Jika Anda membeli properti seperti ini untuk digunakan, maka bisa mendapatkan keuntungan dengan akses ke berbagai tempat yang lebih mudah. Keuntungan untuk menggunakan semua fasilitas yang disediakan juga bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda membelinya, baik untuk digunakan atau untuk investasi.

  1. Pilih properti di lokasi strategis

Lokasi sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah proyek properti. Sebagai pembeli tentu akan diuntungkan apabila propertinya berada di lokasi yang strategis. Salah satu keuntungannya adalah harga properti di lokasi strategis yang akan mudah naik setiap tahunnya.

Lokasi strategis untuk properti adalah lokasi yang permintaannya terhadap properti lebih tinggi dari tersedianya tempat atau penyediaan properti. Biasanya lokasi-lokasi strategis untuk properti berada di daerah perkotaan yang selalu memiliki permintaan properti.

Permintaan properti naik biasanya karena jumlah penduduk yang semakin bertambah dengan lahan kosong yang semakin terbatas. Properti pun banyak diburu masyarakat, baik untuk hunian, bisnis, atau untuk investasi. Di lokasi yang strategis, permintaan properti tidak pernah sepi sehingga harganya pun jarang mengalami penurunan.

Kriteria lokasi yang strategis biasanya berada di pusat kota atau yang tidak jauh dari fasilitas publik. Properti yang dekat dengan sekolah, kantor, rumah sakit, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, atau fasilitas umum lainnya harganya lebih tinggi. Terkadang lokasi seperti ini akan lebih diutamakan dibandingkan kondisi bangunannya sendiri.

  1. Pelajari pergerakan harga properti

Membeli properti yang menguntungkan harus memperhatikan pergerakan harganya terlebih dahulu. Pelajari nilai properti di suatu lokasi dan bagaimana naik turunnya harga properti tersebut. Anda dapat mengecek beberapa lokasi sehingga bisa mengetahui properti mana yang harganya murah dan mahal.

Selain untuk mengecek harga properti, mempelajari pergerakan nilai properti juga dapat membantu Anda untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk membelinya, menyewakan, atau bahkan menjualnya.

Namun untuk membeli properti memang tidak hanya sebatas harganya saja. Anda juga tetap perlu mempertimbangkan kualitas bangunannya, lokasi, dan fasilitasnya. Mungkin harga properti cukup murah karena bangunannya yang sudah tua atau kurang perawatan, dan inilah yang perlu diperhatikan.

  1. Jangan banyak membeli properti di satu lokasi

Khusus untuk Anda yang berencana membeli properti untuk bisnis atau investasi, sebaiknya jangan menumpuk hanya di satu lokasi saja. Jika tiba-tiba harga properti di suatu lokasi anjlok, Anda tidak akan mengalami kerugian yang terlalu banyak.

Pilih properti di beberapa tempat yang berbeda namun dengan memperhatikan kualitasnya. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi risiko yang tidak diinginkan seperti bencana alam. Beberapa properti dapat mengalami kerugian karena rusak akibat bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan lain-lain.

Apabila ingin memperbanyak properti yang Anda miliki, sebaiknya hindari memilih di satu lokasi. Jika perlu, pilih properti di kota lain yang strategis.

Itulah beberapa strategi memilih properti agar dapat memberikan keuntungan untuk dibeli. Sebelum membelinya, pastikan Anda mengetahui kualitas dari bangunan dan developer properti tersebut. Pilih waktu yang tepat agar dapat membeli properti di harga yang terbaik yang akan menguntungkan untuk Anda.